Identifikasi Penggunaan Aplikasi Kompresi yang Digunakan pada Perangkat Android

Identification of Compression Application for Android Device

Riky Sutriadi Putra, Muchamad Aang Sopian

Abstrak
Penggunaan smartphone di Indonesia sampai tahun 2015 mencapai 55 juta pengguna. The Statistics Portal mengatakan pengguna Android hingga November 2015 mencapai 74,2%. Penggunaan aplikasi kompresi dapat dilakukan melalui smartphone. Faktor kepraktisan penggunaan aplikasi kompresi pada android menjadi salah satu alasan utama. Penelitian ini membahas penggunaan aplikasi kompresi pada perangkat android, untuk mengetahui alasan pengguna menggunakan aplikasi kompresi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah survei kepada pengguna Android.
Kata Kunci: Android, Kompresi,  Survei.

Abstract
The use of smartphones in Indonesia until 2015 reached 55 million users. The Statistics Portal said Android users until November 2015 reached 74.2%. The use of compression applications can be use in smartphone. Practicality factors of use compression application on android became a reasons. This research discusses the use compression application on android device, to determine why the user is using the compression application. The technique used for data collection is a survey to android users.
Keywords: Android, Compression, Survey .

PENDAHULUAN

Kebutuhan akan kapasitas penyimpanan yang besar menjadi permasalahan yang harus diselesaikan. Kebutuhan ini disebabkan oleh data yang harus disimpan semakin lama semakin bertambah banyak. Aplikasi kompresi merupakan salah satu cara untuk mengurangi ukuran data yang nantinya akan mengurangi kapasitas penyimpanan. Ada beberapa aplikasi kompresi yang ada pada perangkat mobile diantaranya RAR, Easy UnRAR, UnZIP & ZIP, B1 Archiver ZIP RAR UnZIP, dan Simple UnRAR. Semua aplikasi ini dapat ditemukan di Play Store.
Aplikasi kompresi yang ada memiliki fitur yang berbeda-beda, setiap aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangan, baik dari aspek tampilan, ukuran setelah kompresi, dan lain sebagainya. Para pengembang berlomba-lomba untuk membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Untuk itu dibutuhkan identifikasi penggunaan aplikasi kompresi yang banyak digunakan pada perangkat android.

METODE

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei pada berbagai pengguna perangkat Android menggunakan kuesioner online dalam pengumpulan data.



Data Penelitian
Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data yang diambil dari kuesioner mengenai penggunaan aplikasi kompresi pada android. Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner online. Kuesioner online menawarkan cara untuk memperoleh data dari responden yang lebih luas dengan biaya yang lebih rendah. Kuesioner dibuat dengan menggunakan Google Form. Hasil kuesioner yang didapat dari responden menjadi data yang akan diolah dan dianalisis.

Tahapan Penelitian
Penelitian ini dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu pembuatan kuesioner, pengambilan data, analisis data, dan pengambilan kesimpulan. Alur tahapan penelitian dapat dilihat pada gambar 1.


Gambar 1 Tahapan penelitian

Pembuatan Kuesioner
Kuesioner dibuat dengan menggunakan Google Form yang dapat diakses pada halaman http://forms.google.com. Kuesioner dibagi menjadi 9 pertanyaan mengenai penggunaan aplikasi kompresi pada perangkat android yang dibagi menjadi tiga jenis pertanyaan, yaitu mengenai data pengguna, aplikasi kompresi, dan penggunaan aplikasi kompresi. Responden dapat mengisi kuesioner ini di manapun karena kuesioner ini dapat diakses secara online.

Pengambilan Data
Kuesioner yang telah dibuat kemudian akan dibagikan melalui jejaring sosial. Untuk mengisi kuesioner yang telah dibuat pada Google Form, responden tidak perlu memiliki akun Google karena Form tersebut bersifat umum. Pengisian kuesioner dapat dilakukan pada tanggal 14 sampai 30 Mei 2016. Hasil tanggapan dari responden dapat dilihat pada Google Drive dari akun pembuat kuesioner serta data responden dapat dilihat melalui Google Spreadsheet.
Analisis Data
Analisis data diperoleh dari data hasil responden yang dipindahkan ke bentuk Spreadsheet google agar lebih mudah untuk diamati. Data dikelompokkan dan dianalisis agar mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan dari penelitian. Data yang telah terkumpul dianalisis agar menjadi sebuah informasi.

Pengambilan Kesimpulan
Informasi yang didapat dari hasil analisis data kemudian akan menjadi acuan dalam pengambilan kesimpulan pada penelitian ini.



Hasil dan Pembahasan

Pembuatan Kuesioner
Pembuatan kuesioner secara online menggunakan google form dengan jumlah pertanyaan sebanyak 9 dan dibagi menjadi 3 bagian pertanyaan. Adapun pertanyaan kuesioner dalam penelitian ini dapat dilihat pada lampiran 1.
Pengambilan Data
Data penelitian diambil dari hasil survei yang dilakukan pada tanggal 14-16 Mei 2016 dengan jumlah responden 62 responden (Lampiran 2). Data yang diperoleh dari Google Form berupa data hasil responden dari setiap pertanyaan yang direpresentasikan dalam bentuk diagram batang atau diagram pai.

Analisis Data
Pengguna Aplikasi Kompresi
Dari hasil survei mengenai pengguna dari aplikasi kompresi yang dipasang pada Android sangat bervariasi. Aplikasi kompresi lebih banyak digunakan pada usia produktif yaitu 17-30 tahun yaitu sebanyak 87,1%, usia lebih dari 30 tahun sebanyak 6,5%, dan pada usia kurang dari  17 tahun sebanyak 6,5% dapat dilihat pada Gambar 2.
Gambar 2 Grafik persentase pengguna aplikasi kompresi berdasarkan umur

Berdasarkan kalangan pengguna, aplikasi kompresi lebih banyak digunakan oleh kalangan yang sudah bekerja sebanyak 51,6%, sedangkan pada kalangan pelajar sebanyak 46,8% dan kalangan lainnya sebanyak 1,6% dapat dilihat pada Gambar 3.
Gambar 3 Grafik persentase kalangan pengguna aplikasi kompresi

Aplikasi Kompresi
Dari hasil survei mengenai aplikasi kompresi yang terpasang di Android dipandang berguna dengan hasil survei yang memilih berguna sebanyak 47,5%. Hasil yang menunjukkan aplikasi kompresi tidak berguna sebanyak 18,6% dan yang menilai aplikasi kompresi sangat berguna sebanyak 33,9% dapat dilihat pada Gambar 4.
Gambar 4 Grafik persentase seberapa berguna aplikasi kompresi

Hasil survei mengenai intensitas penggunaan aplikasi kompresi yang dilakukan pengguna menunjukkan aplikasi kompresi tidak begitu sering digunakan sebanyak 20,3%, intensitas yang penggunaannya yang sering menggunakan sebanyak 23,7% dapat dilihat pada Gambar 5.

Gambar 5 Grafik Persentase intensitas penggunaan aplikasi kompresi

Aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna Android adalah RAR for Android, sebanyak  44,1%, urutan kedua yang banyak digunakan yaitu aplikasi Easy Unrar, Unzip & Zip dapat dilihat pada Gambar 6.
Gambar 6 Grafik persentase aplikasi kompresi yang terpasang

Banyak pengguna memilih dan menggunakan aplikasi kompresi karena faktor mudah digunakan dan karena tampilannya menarik. Dari hasil survei menunjukkan 73,2% memilih aplikasi kompresi yang mudah digunakan, 12,5% memilih karena tampilannya yang menarik, dan sisanya melihat dari ukuran hasil kompresi dan ukuran aplikasi yang kecil pada saat akan memasang aplikasi kompresi dari playstore dapat dilihat pada Gambar 7.
Gambar 7 Grafik persentase pemilihan aplikasi kompresi

Penggunaan Aplikasi Kompresi
Pada perangkat Android pengguna sering menggunakan aplikasi kompresi untuk engekstraksi fail hasil kompresi sebanyak 69,4% dibandingkan untuk kompresi suatu fail atau folder sebanyak 30,6% dapat dilihat pada Gambar 8.
Gambar 8 Grafik persentase keperluan penggunaan aplikasi kompresi

Fail kompresi yang sering digunakan ketika pengguna mengekstraksi fail hasil yang telah terkompres dengan menggunakan aplikasi kompresi adalah fail RAR sebanyak 50% dan fail zip sebanyak 35,5% dapat dilihat pada Gambar 9.
Gambar 9 Grafik persentase fail yang sering digunakan untuk mengekstraksi






Sedangkan untuk kompresi fail pengguna banyak memilih rar sebagai hasil kompresinya sebanyak 58,1%, dan zip sebanyak 37,1% dapat dilihat pada Gambar 10.
Gambar 10 Grafik persentase pemilihan fail hasil kompresi

Simpulan

Hasil identifikasi penggunaan aplikasi kompresi pada perangkat Android menunjukkan bahwa kebanyakan pengguna aplikasi kompresi adalah kalangan pekerja yang berumur produktif 17-30 tahun. Aplikasi kompresi dipandang berguna dan sering digunakan untuk keperluan mengekstraksi fail hasil kompresi. Kebanyakan pengguna memilih aplikasi kompresi berdasarkan kemudahan penggunaannya dan dari tampilan yang menarik. Format RAR yang sering digunakan oleh pengguna Android dalam kompresi suatu fail dan sering mengekstraksi file .rar dalam proses ektraksi.


Daftar Pustaka


Duh et al. 2006. Usability evaluation for mobile device: A comparison of laboratory and field tests. Proceedings of the 8th Conference on Human-Computer Interaction with Mobile Devices and Services - MobileHCI '06; September 2006; Espoo, Finland. New York (US): Association for Computing Machinery.
Ji et al.2006. A usability checklist for the usability evaluation of mobile phone user interface. International Journal of Human-Computer Interaction. 20(3):207-231. doi:10.1207/s15327590ijhc2003_3.
Nielsen Jacob. 2012. Usability 101: Introduction to Usability [Internet]. Tersedia: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability [13 Mei 2016 ]
Octavianus C, Rojali, et al. 2012. Aplikasi Penyembunyian Pesan pada Citra JPEG dengan Algoritma F5 dalam Perangkat Mobile Berbasis Android. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012).








Lampiran 1
Survey mengenai penggunaan aplikasi kompresi pada android.

  1. Pertanyaan mengenai data pengguna
    1. Berapa umur anda?
      • Kurang dari 17 tahun
      • 17 sampai 30 tahun
      • lebih dari 30 tahun
    2. Apa pekerjaan anda saat ini?
      • Pelajar
      • Bekerja
      • Lainnya
  2. Pertanyaan mengenai aplikasi kompresi
    1. Seberapa berguna aplikasi kompresi pada android anda?
      • Tidak Beguna
      • Berguna
      • Sangat Berguna
    2. Seberapa sering anda menggunakan aplikasi kompresi pada android anda?
      • Tidak Pernah
      • Kadang-kadang
      • Sering
    3. Aplikasi Kompresi apa yang anda gunakan di android anda saat ini ?
      • RAR
      • Easy Unrar, Unzip & Zip
      • B1 Archiver zip rar unzip
      • Simple Unrar
      • Lainnya
    4. Mengapa anda memilih aplikasi kompresi tersebut?
      • Tampilannya menarik
      • Mudah digunakan
      • Ukuran aplikasinya kecil
      • Ukuran hasil kompresi
  3. Pertanyaan mengenai penggunaan aplikasi kompresi
    1. Aplikasi Kompresi anda sering digunakan untuk?
      • Mengektrak File dari hasil Kompresi
      • Mengkompres File atau Folder pada android
    2. Format kompresi apa yang anda gunakan, untuk mengompress ?
      • Zip
      • 7zip
      • Rar
      • Lainnya
    3. File kompresi apa yang sering anda extract pada perangkat android anda?
      • Zip
      • RAR
      • 7zip
Latest
Previous
Next Post »