Minimize the user's memory load by making objects, actions, and options visible. The user should not have to remember information from one part of the dialogue to another. Instructions for use of the system should be visible or easily retrievable whenever appropriate.Artinya sistem harus dapat minimalkan ingatan pengguna dengan membuat objek, tindakan, dan pilihan yang mudah terlihat. Jangan membuat user mengingat-ingat apa yang harus dilakukan. Sistem juga harus dapat memberikan sugesti pada user, agar user tidak perlu mengingat lebih jauh kata kunci yang ingin dicarinya. Contohnya pada mesin pencari google, yang memberikan sugesti kepada pengguna saat ingin mencari sesuatu.
![]() |
Sugesti dari google, ketika user ingin mecari Laptop asus core i5 |
Setelah membaca penjelasan singkat mengenai Recognition rather than Recall, selanjutnya mari kita bahas mengenai Recognition rather than Recall pada website kpu.go.id
![]() |
Halaman undang-undang pada website KPU |
1. Tidak adanya sugesti pada pencarian Undang-Undang
Ketika saya ingin mencari undang-undang yang saya inginkan tidak muncul sugesti yang diberikan oleh website, sehingga jika lupa saya harus mengingat apa yang ingin saya cari.
![]() |
tampilan ketika memasukan keyword |
Gunakan sugesti untuk memudahkan pengguna mencari apa yang diinginkan. Sugesti akan sangat berguna jika terdapat banyak data.
2. Tidak ada pengingat berupa informasi saya berada pada menu apa
![]() |
Halaman Partai Peserta Pemilu |
Tidak adanya informasi berupa hyperlink, untuk menuju menu sebelumnya akan membuat pengguna merasa kebingungan.
Rekomendasi Perbaikan:
Penting adanya menu navigasi yang berfungsi untuk menampilkan informasi, halaman mana yang sebelumnya saya kunjungi untuk menuju kehalaman yang sedang saya baca mengingat banyaknya menu yang terdapat pada website KPU. Akan lebih baik jika ditambahkan menu navigasi seperti gambar dibawah ini:
![]() |
informasi yang diberikan oleh Lazada ketika user berada pada halaman buku lokal |
Severity Rating / Peringkat keparahan : Merupakan penilaian berupa peringkat dari 0 - 4
0 : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
1 : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
2 : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
3 : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
0 : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
1 : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
2 : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
3 : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
4 : Penting untuk diperbaiki sebelum product di release
Pada prisip Recognition rather than Recall - kpu.go.id saya memberikan
Severity Rating:
Severity Rating:
3 = Major usability problem: penting untuk diperbaiki, sebelum produk di
Sumber :
http://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/
http://www.nngroup.com/articles/how-to-rate-the-severity-of-usability-problems/
http://www.kpu.go.id/
https://www.google.co.id/
http://www.lazada.co.id/
Sign up here with your email
2 comments
Write commentsIya nih bang kadang saya juga suka bingung sama websitenya kpu denger2 juga dulu pernah di hak sama hacker ya diganti gambar porno gitu bang. Wah keren nih bang bisa jadi bahan referensi :D
ReplyCASINOS & GACOR HOTEL, LAS VEGAS
ReplyWelcome to Casino City! Welcome 토토 하는 법 to 슈어 벳 먹튀 Las Vegas, where the 실시간라이브바카라 possibilities are endless. And with CASINO 해외사이트 CITY GACOR 마추 자 먹튀 HOTEL you're sure to find a spot
ConversionConversion EmoticonEmoticon