The system should always keep users informed about what is going on, through appropriate feedback within reasonable time.Artinya sistem harus memberi tahu kepada user tentang proses apa yang sedang terjadi dalam suatu sistem melalui suatu feedback/interaksi. Sistem memberikan feedback terhadap pengguna, bertujuan agar pengguna mengetahui sejauh mana progress yang sedang berjalan. Visibility of System Status juga memberikan informasi yang diberikan oleh aplikasi kepada user tentang di mana user saat ini berada, dan kemana pengguna bisa pergi selanjutnya dari suatu kondisi atau state tersebut.
Selanjutnya mari kita bahas mengenai Visibility of System Status pada website kpu.go.id
![]() |
Halaman Berita website KPU |
1. Kode Verifikasi pada konten Jejak Pendapat tidak berfungsi
![]() |
Tampilan konten Jejak Pendapat |
![]() |
Tahapan ketika memasukan kode verifikasi yang salah |
Berikan kotak dialog Warning atau peringatan ketika user memasukan nilai yang salah ketika kode verifikasi salah, dan ketika user tidak memilih salah satu radio button kemudian jangan tampilkan hasil polling ketika menekan button Pilih.
2. Tidak memberikan informasi di mana user saat ini berada
![]() |
Menu hasil scan form c pileg 2014, dan pada saat dihalaman hasil scan form c pileg 2014 |
Rekomendasi Perbaikan:
Berikan tulisan yang berada di paling atas yang berupa keterangan nama halaman tersebut. Dan berikan informasi dimana user sedang berada, seperti navigasi yang saya ambil dari website jakartanotebook.com ini
3. Tidak ada pesan "Data tidak Ada"
![]() |
Tahapan ketika akan menuju halaman Open Data Pemilih |
Ketika saya berada pada halaman Hasil Scan Form C Pileg 2014, saya ingin mengakses Open Data Pemilih, kemudia website menampilkan halaman Open Data Pemilih. Tetapi dalam halaman Open data Pemilih data tidak ada, dan website tidak menampilkan Pesan atau keterangan Data Tidak Ada.
Berikan pesan atau keterangan jika data tidak ada atau data tidak ditemukan. Sehingga pengguna tidak akan kebingungan, apakah data sedang diload atau memang data tidak ada.
Severity Rating / Peringkat keparahan : Merupakan penilaian berupa peringkat dari 0 - 4
0 : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
1 : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
2 : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
3 : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
0 : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
1 : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
2 : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
3 : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
4 : Penting untuk diperbaiki sebelum product di release
Pada prisip Visibility of System Status - kpu.go.id saya memberikan
Severity Rating:
Severity Rating:
3 = Major usability problem: penting untuk diperbaiki, sehingga harus diberikan prioritas tinggi dalam perbaikan
Sumber :
http://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/
http://www.nngroup.com/articles/how-to-rate-the-severity-of-usability-problems/
http://www.kpu.go.id/
http://www.jakartanotebook.com/
Sign up here with your email
2 comments
Write commentsEmang bang design yang menarik dan status sistem itu perlu banget bang :D
Replyane rasa point ke 3 itu emang bener2 harus diperhatiin dan diperbaiki lagi sama tim KPU nya bang. Bener-bener bikin bingung kalau ga ada pemberitahuan kayak gitu.
Replyulasannya mantap bang :D
ConversionConversion EmoticonEmoticon